Rahasia Keutamaan Surat Al Waqiah Supaya Rezeki Melimpah

Surat Al Waqi'ah merupakan surat di dalam Al Qur'an yang ke 56, berada di juz 27 dan berisi 96 ayat. Siapa yang tak kenal dengan surat ini.

Surat ini banyak sekali dibaca oleh kalangan ulama maupun umum. Apalagi oleh kaum sufi dan para pengamal ilmu hikmah yang ingin dilancarkan rezekinya oleh Allah dengan wasilah membaca surat ini.

Surat Al Waqiah ini sangat terkenal sekali dengan surat penarik rezeki yang melimpah.

Keutamaan surat al waqiah

Ada beberapa hadits Nabi SAW yang menerangkan tentang faidah surat Waqiah ini untuk dijauhkan dari kefakiran. Meskipun sebagian mengatakan hadits tersebut dhoif (lemah) tapi bukan berarti palsu kan?

Karena lemah dan palsu sangat beda sekali. Kalau lemah masih ada beberapa persen kebenarannya. Sedangkan palsu sudah pasti jauh dari kata benar.

Makanya bagi kalangan ulama Ahlus Sunnah Wal Jamaah yang benar-benar asli mengikuti ulama salaf yang benar, hadits dhoif masih bisa dipakai selama tidak menyelisihi syariat.

Dalam suatu riwayat dikatakan bahwa Khalifah Utsman bin Affan ingin memberikan sebagian harta kepada sahabat Abdullah bin Mas'ud untuk putra-putranya jika Ibnu Mas'ud itu meninggal.

Tapi Abdullah bin Mas'ud menolaknya. Dan beliau mengatakan kepada Khalifah bahwa ia tidak khawatir anak-anaknya menderita kemiskinan.

Karena dia telah mewasiatkan kepada para putra-putranya untuk selalu membaca surat Al Waqiah seperti yang telah diajarkan Rasulullah padanya.

Kemudian Ibnu Mas'ud menyampaikan hadits Rasulullah yang pernah didengarnya :

"Barang siapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya".
(H.R. Abu Ya'la dan Ibnu Asakir)

Selain hadits dari Abdullah bin Mas'ud, Imam Ibnu Katsir menyebutkan juga hadits tentang keutamaan surat Al Waqiah ini :

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ
"Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan".
(H.R. Abu Syuja)

Selain itu Syaikh Wahbah Az Zuhaili pun dalam Tafsir Al Munir mencantumkan hadits serupa dari Sahabat Anas, yaitu :

سُوْرَةُ الْواقِعَةِ سُوْرَةُ الْغِنَى فَاقْرَؤُوْهَا وَعَلَّمُوْهَا أَوْلَادَكُمْ
"Surat Al Waqiah adalah surat kekayaan. Maka bacalah Surat Al Waqiah dan ajarkanlah kepada anak-anak kalian".
(HR. Ibnu Murdawaih)

عَلِّمُوْا نِسَاءَكُمْ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ فَإِنَّهَا سُوْرَةُ الْغِنَى
"Ajarilah istri-istri kalian Surat Al Waqiah, karena sesungguhnya ia adalah surat kekayaan".
(HR. Ad Dailami)

Fadilah dan keutamaan membaca surat Al Waqiah


Inilah beberapa keutamaan bagi siapa yang istiqomah mengamalkan surat Al Waqiah setiap hari.

Adapun cara-cara pengamalannya sesuai dengan petunjuk dari guru yang mengijazahkan. Karena banyak sekali cara-cara riyadhoh amalan surat Al Waqiah ini.

Di bawah ini adalah beberapa faidah dari membaca surat Waqiah beserta tata cara riyadhohnya yang saya rangkum dari berbagai sumber di internet dan saya bandingkan dengan ijazah yang saya dapatkan dari guru-guru saya.

1. Dijauhkan dari kemiskinan

Sesuai dengan beberapa hadits yang disebutkan di atas, maka bagi siapa saja yang membiasakan membaca surat Al Waqiah ini minimal 1 kali setiap malam maka dia selain akan mendapat pahala membaca Al Qur'an, juga insya Allah akan Allah jauhkan dari kemiskinan selama-lamanya.

2. Ditunaikan hajatnya yang berhubungan dengan rezeki

Apabila seseorang bisa membaca surat Al Waqiah sebanyak bilangan 41 kali dalam satu majelis (sekali duduk), maka Allah akan mengabulkan segala hajat terutama yang berhubungan dengan masalah rezeki.

Amalan ini sangat masyhur sekali di kalangan para ulama. Sehingga banyak sekali para ulama, khususnya kaum sufi, mereka tidak khawatir akan rezeki, karena mereka yakin Allah akan mencukupi kehidupan mereka tanpa bergantung kepada manusia dengan wasilah bacaan Waqiah ini.

Menurut ijazah yang saya dapatkan dari guru saya, riyadhoh membaca surat Al Waqiah 41 kali ini dibaca pada tengah malam (setelah lewat jam 12 malam). Dan dibaca minimal 1 minggu. Kalau bisa setiap malam dijadikan amalan rutin.

Insya Allah nanti akan merasakan sendiri khasiatnya. Allah akan mendatangkan rezeki halal dari arah yang tidak disangka-sangka. Biidznillah.

3. Memperoleh kekayaan yang melimpah

Selain dibaca 41 kali, ada juga cara lain yaitu jika surat Al Waqiah ini dibaca sebanyak 14 kali setelah melaksanakan shalat Ashar, maka insya Allah Allah SWT akan mendatangkan rezeki yang melimpah yang tidak ada habisnya.

Syaratnya yaitu mudawwamah, istiqomah merutinkan membaca surat Al Waqiah ini setiap hari tanpa putus.

4. Dijadikan seorang yang hartawan dan dermawan

Jika surat Waqiah ini dibaca 3 kali ba'da shalat subuh dan 3 kali sehabis sholat isya, maka Allah akan jadikan orang tersebut tidak akan berlalu dalam masa setahun menjadi seorang yang hartawan dan dermawan yang selalu bersyukur.

Cara di atas saya dapatkan dari sumber lain, adapun yang saya dapatkan dari ijazah guru saya yaitu dibaca 3 kali ba'da magrib dan 1 kali ba'da subuh.

5. Dilimpahkan rezekinya

Ini merupakan amalan yang banyak dilakukan kaum sufi supaya Allah memberi kelimpahan rezeki yaitu dengan cara melakukan puasa selama 1 minggu dimulai pada hari Jum'at.

Setiap selesai melaksanakan shalat fardlu membaca surat Waqiah sebanyak 25 kali. Dilakukan sampai malam Jum'at berikutnya.

Pada malam Jum'at terakhir, ba'da maghrib membaca Waqiah 25 kali dan setelah isya nya dibaca sebanyak 125 kali dan diikuti dengan membaca sholawat sebanyak 1000 kali.

Setelah selesai riyadhoh, perbanyaklah melakukan sedekah semampunya dan amalkan surat Waqiah ini sekali di pagi hari dan petang. Insya Allah rezeki akan melimpah.

6. Mempermudah roh keluar dari jasad

Jika surat Al Waqiah ini dibaca di dekat orang yang sedang sakaratul maut, maka insya Allah roh orang tersebut dipermudah keluar dari jasadnya sehingga tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama.

7. Diringankan sakitnya

Selain dibaca di dekat orang yang sakaratul maut, jika surat Waqiah ini dibaca di samping orang yang sefang sakit, maka insya Allah sakitnya akan Allah ringankan dan dipermudah untuk cepat sembuh. Biidznillah.

Itulah beberapa fadilah dari mengamalkan surat Al Waqiah bagi siapa saja yang mau mengamalkannya.

Niatkan setiap amalan ini untuk beribadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT supaya supaya bisa bernilai ibadah dan mendapat pahala.

Semoga bermanfaat...!!!


Comments

Popular posts from this blog

Tata Cara Wirid Bismillah 786 Kali Dan Khasiatnya

Khasiat Asma Ya Lathif Untuk Mendatangkan Hajat Yang Sangat Cepat

Bacaan Asma Qurun Serta Faidah Dan Tata Cara Pengamalannya