Doa Nabi Yunus Yang Mustajab Untuk Segala Hajat Dan Menarik Rezeki

 Doa Nabi Yunus - Sahabat Ngahikmah, kali ini saya akan share salah satu doa agung yang sangat dahsyat dan sudah sangat terkenal, yaitu doa Nabi Yunus atau doa Dzun Nun.

Doa Nabi Yunus ini diabadikan di dalam Al Qur'an surat Al Anbiya ayat 87. Asal mula doa Nabi Yunus ini berawal dari kaburnya Nabi Yunus dari kaumnya karena beliau merasa tidak sanggup menghadapi kaumnya yang susah untuk diajak beribadah kepada Allah.

Doa nabi yunus doa dzun nun agar hajat terkabul dan menarik rezeki kekayaan


Sejarah singkat doa Nabi Yunus

Singkat cerita, Nabi Yunus pergi meninggalkan kaumnya dan ikut berlayar pada sebuah kapal. Di tengah lautan, kapal itu tidak bisa berlayar maju ataupun mundur.

Sang kapten kapal yang mungkin sudah berpengalaman, dia mempunyai firasat bahwa ada dari penumpang yang memiliki dosa, yaitu kabur meninggalkan kaum atau keluarganya.

Makanya dia langsung mengumpulkan seluruh orang yang ada di kapal tersebut. Kemudian menyuruh setiap orang menuliskan namanya dan akan diundi. Jika salah satu nama keluar undian sebanyak 3 kali, maka dia harus menceburkan diri ke lautan.

Dan qadarullah yang keluar sebanyak 3 kali itu adalah nama Nabi Yunus. Akhirnya Nabi Yunus pun terus terang bahwa beliau telah meninggalkan kaumnya.

Sesuai kesepakatan, Nabi Yunus lalu menceburkan diri ke laut. Namun sebelum menyentuh air, Allah telah lebih dahulu memerintahkan seekor ikan besar untuk melahap Nabi Yunus. Dan Allah mewanti-wanti kepada ikan tersebut untuk tidak merusak sedikitpun anggota tubuh Nabi Yunus.

Karena Allah hanya menjadikan perut ikan itu sebagai penjara bagi Nabi Yunus sebagai pelajaran atas kesalahannya meninggalkan kaumnya.

Allah menetapkan Nabi Yunus berada di dalam perut ikan selama 41 hari. Dan selama di dalam perut ikan itu, Nabi Yunus senantiasa mohon ampun kepada Allah dan bertaubat atas segala kekhilafannya. Dan beliau mengucap sebuah doa yang indah sebagai bentuk penyesalannya, yaitu doa istighfar Nabi Yunus yang sekarang kita kenal.

Doa Nabi Yunus arab, latin dan artinya

Adapun lafadz bacaan Doa Nabi Yunus Alaihissalaam dalam teks arab sebagai berikut :

 لااله إلا انت سبحانك اني كنت من الظالمين 

Laailaha illa anta subhaanaka inni kuntu minadz dzoolimiin

Arti doa Nabi Yunus :

Tiada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh aku termasuk orang-orang yang dzalim. ( Al Anbiya : 87)

Banyak hadits Nabi SAW yang menerangkan tentang keutamaan doa Nabi Yunus ini. Dan Rasulullah menganjurkan umatnya untuk selalu beristighfar memohon ampun pada Allah. Salah satunya dengan istighfar Nabi Yunus.

Adapun menurut ulama-ulama khos, ada banyak sekali khasiat atau fadilah bagi yang istiqomah dawam mengamalkan dzikir doa Nabi Yunus ini. Terutama khasiat doa Nabi Yunus ini sangat mustajab agar segala hajat terkabul, mendatangkan rezeki, serta terbebas dari kesulitan dan musibah.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa jika ada orang yang sedang sakit lalu berdoa dengan doa Nabi Yunus sebanyak 40 kali, jika meninggal maka dia akan diberi pahala seperti orang yang mati syahid. Apabila dia sembuh, maka Allah akan mengampuni segala dosanya.

Tata cara mengamalkan doa Nabi Yunus

Menurut yang saya dapatkan dari guru yang memeberi saya ijazah doa Nabi Yunus, ada 2 cara untuk mengamalkannya.

Untuk hajat mendesak

Jika memiliki suatu hajat yang mendesak atau hajat yang darurat, lakukan sholat sunnah 2 atau 4 rakaat. Setelah selesai salam, lalu sujud kembali dan membaca doa Nabi Yunus sebanyak 40 x di dalam sujud. Setelah itu bangun dari sujud dan berdoalah sesuai hajatnya.

Cara ini bisa dikerjakan kapan saja, baik siang ataupun malam. Tapi alangkah lebih baiknya diamalkan saat tengah malam atau sepertiga malam setelah sholat tahajud.

Mendawamkan doa Nabi Yunus

Dawamkan membaca doa Nabi Yunus sebanyak 1000 x setiap hari, minimal selama 41 hari. Insya Allah doa Nabi Yunus ini berkhasiat untuk :

~ Dikabulkan segala hajatnya,

~ Mendapatkan pangkat/jabatan,

~ Meluaskan rezeki,

~ Menghilangkan kesusahan, kebingungan dan musibah,

~ Membuka berbagai pintu kebaikan,

~ Dijaga dari kejelekan syaitan,

~ Dicintai oleh orang-orang,

~ Ditakuti oleh musuh-musuh,

~ Diberi kebahagiaan dan kemudahan hidup oleh Allah SWT.

Nah, itulah beberapa keistimewaan doa Nabi Yunus yang sangat mustajab. Silahkan untuk diamalkan dan semoga bermanfaat.



Comments

Popular posts from this blog

Tata Cara Wirid Bismillah 786 Kali Dan Khasiatnya

Khasiat Asma Ya Lathif Untuk Mendatangkan Hajat Yang Sangat Cepat

Bacaan Asma Qurun Serta Faidah Dan Tata Cara Pengamalannya